Bagaimana petunjuk Nabi Muhammad SAW dalam hal Makanan dan minuman? Berikut ini kami paparkan petunjuk Nabi dari sunnah dan sirah beliau sebagaimana ditulis oleh Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam Zaadul Ma'ad.
***
لا يرد موجودا ولا يتكلف مفقودا فما قرب إليه شئ من الطيبات إلا أكله إلا أن تعافه نفسه فيتركه من غير تحريم وما عاب طعاما قط إن اشتهاه أكله وإلا تركه كما ترك أكل الضب لما لم يعتده ولم يحرمه على الأمة بل أكل على مائدته وهو ينظر
Beliau tidak pernah menolak yang ada, dan tidak memaksakan diri mencari yang tidak ada. Makanan-makanan yang baik yang dihidangkan kepadanya, dimakannya kecuali yang memang benar-benar tidak disukainya, maka beliau meninggalkannya tanpa mengharamkan. Sama sekali beliau tidak pernah mencela suatu makanan pun. Jika berselera, beliau akan memakannya, dan jika tidak berselera beliau akan meninggalkannya. Seperti ketika dihidangkan kepadanya daging adh-dhab (sejenis biawak), beliau membiarkan tidak memakannya, karena beliau tidak biasa memakannya, tetapi beliau tidak mengharamkannya untuk umatnya. Bahkan daging ini akhirnya dimakan orang lain di hadapannya, sedang beliau hanya melihatnya saja.
وأكل الحلوى والعسل وكان يحبهما وأكل لحم الجزور والضأن والدجاج ولحم الحبارى ولحم حمار الوحش والأرنب وطعام البحر وأكل الشواء وأكل الرطب والتمر وشرب اللبن خالصا ومشوبا والسويق والعسل بالماء وشرب نقيع التمر وأكل الخزيرة وهي حساء يتخذ من اللبن والدقيق وأكل القثاء بالرطب وأكل الأقط وأكل التمر بالخبز وأكل الخبز بالخل وأكل الثريد وهو الخبز باللحم وأكل الخبز بالإهالة وهي الودك وهو الشحم المذاب وأكل من الكبد المشوية وأكل القديد وأكل الدباء المطبوخة وكان يحبها وأكل المسلوقة وأكل الثريد بالسمن وأكل الجبن وأكل الخبز بالزيت وأكل البطيخ بالرطب وأكل التمر بالزبد وكان يحبه
Beliau pernah memakan kue manisan dan madu, dan kedua jenis makanan ini termasuk makanan favoritnya. Beliau juga pernah makan daging onta, daging kambing, daging ayam, daging burung, daging keledai liar, daging kelinci, makanan dari laut, daging panggang, korma matang, dan korma kering. Beliau suka minum susu murni dan juga campur. Makan kue yang terbuat dari tepung yang enak. Minum madu campur air. Minum rendaman buah korma. Makan bubur yang dibuat dari susu dan gandum. Makan ketimun dengan korma matang. Makan keju, serta makan korma dengan roti. Makan roti dengan cuka, dan makan tsarid, yaitu roti dengan daging. Makan roti dengan lemak, yakni lemak yang dicairkan. Makan hati yang dibakar, dan makan daging dendeng. Beliau juga makan sejenis labu manis yang dimasak dan menggemarinya, serta makan makanan yang direbus. Makan bubur daging dengan samin. Makan keju, dan makan roti dengan minyak. Makan semangka dengan korma matang, dan makan korma dengan mentega dan beliau menyukainya.
ولم يكن يرد طيبا ولا يتكلفه بل كان هديه أكل ما تيسر فإن أعوزه صبر حتى إنه ليربط على بطنه الحجر من الجوع ويرى الهلال والهلال والهلال ولا يوقد في بيته نار
Beliau tidak pernah menolak makanan yang baik dan tidak pernah memaksakan diri mendapatkan makanan yang susah untuk didapatkan. Tuntunan beliau adalah makan apa yang mudah didapat. Saat kekurangan makanan, beliau bersabar. Sampai-sampai beliau pernah mengganjal perutnya dengan batu karena lapar. Bahkan pernah pula sampai beberapa hari tidak dinyalakan api di dapur rumah beliau.
وكان معظم مطعمه يوضع على الأرض في السفرة وهي كانت مائدته وكان يأكل بأصابعه الثلاث ويلعقها إذا فرغ وهو أشرف ما يكون من الأكلة فإن المتكبر يأكل بأصبع واحدة والجشع الحريص يأكل بالخمس ويدفع بالراحة
Pada umumnya, makanan beliau disajikan di atas lantai dengan beralaskan sufrah (karpet). Seperti itulah tempat hidangan makan beliau. Beliau biasa makan dengan tiga jari dan kemudian menjilatinya jika telah selesai, dan itu cara yang mulia ketika makan. Sebab orang yang sombong itu makan dengan satu jarinya; sedangkan orang yang rakus itu makan dengan lima jarinya.
وكان لا يأكل متكئا والإتكاء على ثلاثة أنواع أحدها : الإتكاء على الجنب والثاني : التربع والثالث : الإتكاء على إحدى يديه وأكله بالأخرى والثلاث مذمومة
Kebiasaan beliau tidak makan sambil bersandar. Posisi bersandar itu ada tiga macam: pertama, bersandar pada sisi tubuh. Kedua, duduk dengan kaki bersilang di bawah paha. Dan ketiga, bertopang pada satu tangan dan makan dengan yang lain. Ketiga cara ini tercela.
وكان يسمي الله تعالى على أول طعامه ويحمده في آخره فيقول عند انقضائه :
Pada awal menyantap makanan, beliau selalu menyebut nama Allah SWT dan diakhirnya memuji-Nya, seraya mengucapkan ketika selesainya:
الحمد لله حمدا كثيرا طيبا مباركا فيه غير مكفي ولا مودع ولا مستغنى عنه ربنا
Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, baik dan diberkati padanya, tidak ditelantarkan, tidak dibiarkan, dan senantiasa dibutuhkan, wahai Tuhan kami. (HR. Bukhari dan Tirmidzi)
وربما قال :
Terkadang pula beliau mengucapkan:
الحمد لله الذي يطعم ولا يطعم من علينا فهدانا وأطعمنا وسقانا وكل بلاء حسن أبلانا الحمد لله الذي أطعم من الطعام وسقى من الشراب وكسا من العري وهدى من الضلالة وبصر من العمى وفضل على كثير ممن خلق تفضيلا الحمد لله رب العالمين
Segala puji bagi Allah yang memberi makan dan tidak diberi makan. Yang telah memberi karunia kepada kami, lalu menuntun kami. Memberi makan kepada kami dan memberi minum serta setiap cobaan yang bagus Dia mencoba kami. Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dari makanan, memberi minum dari minuman, memberi pakaian dari keadaan telanjang, memberi petunjuk dari kesesatan, memberi penglihatan dari keadaan buta serta melebihkan dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyak makhluk yang telah Dia ciptakan. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. (HR. Ibnu Hibban)
وربما قال :
Dan terkadang beliau mengucapkan:
الحمد لله الذي أطعم وسقى وسوغه
Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minum serta memudahkan menelan dan mencernanya. (HR. Abu Dawud)
وكان إذا فرغ من طعامه لعق أصابعه ولم يكن لهم مناديل يمسحون بها أيديهم ولم يكن عادتهم غسل أيديهم كلما أكلوا
Kebiasaan beliau, apabila telah selesai menyantap makanan, menjilati jari jemarinya. Belum ada sapu tangan atau tisu yang bisa mereka gunakan untuk mengelap tangan mereka, dan bukan kebiasaan mereka mencuci tangan sehabis setiap kali makan.
وكان أكثر شربه قاعدا بل زجر عن الشرب قائما وشرب مرة قائما فقيل : هذا نسخ لنهيه وقيل : بل فعله لبيان جواز الأمرين والذي يظهر فيه - والله أعلم - أنها واقعة عين شرب فيها قائما لعذر وسياق القصة يدل عليه فإنه أتى زمزم وهم يستقون منها فأخذ الدلو وشرب قائما
Kebanyakan minum beliau dilakukan dengan posisi sambil duduk, bahkan beliau menegur dengan keras orang yang minum sambil berdiri. Tetapi, suatu kali beliau pernah juga minum sambil berdiri. Ada yang mengatakan, riwayat ini telah dinasakh (dihapus) oleh adanya larangan beliau. Ada yang berpendapat, beliau melakukan hal itu, dengan tujuan untuk menjelaskan kepada umatnya bahwa boleh saja minum dengan dua posisi itu. Namun, pendapat yang lebih kuat –wallahu a'lam- kejadian bahwa beliau minum sambil berdiri adalah karena adanya satu alasan. Konteks cerita menunjukkan hal itu. Karena ketika itu, beliau menghampiri sumur zamzam, dan banyak orang yang sedang mengambil air darinya, lalu beliau mengambil timba untuk menciduk air kemudian meminumnya sambil berdiri.
والصحيح في هذه المسألة : النهي عن الشرب قائما وجوازه لعذر يمنع من القعود وبهذا تجمع أحاديث الباب والله أعلم
Yang shahih dalam masalah ini adalah larangan minum sambil berdiri, namun diperbolehkan apabila ada udzur yang menghalangi utnutk duduk. Dengan cara ini bisa dihimpun seluruh hadits pada bab ini. Wallaahu a'lam.
وكان إذا شرب ناول من على يمينه وإن كان من على يساره أكبر منه
Apabila telah minum, beliau memberikannya kepada orang yang berada di samping kanannya sekalipun orang yang berada di samping kirinya lebih tua daripada yang di samping kanannya.
[Sumber: Zaadul Ma'ad. karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah]
"http://muchlisin.blogspot.com/"
Sign up here with your email